Supaya Doa Dikabulkan

Posted on 08 February 2013 by admin

Supaya Doa Dikabulkan

supaya doa dikabulkanMENGAPA DOA KITA BELUM LAGI MUSTAJAB?? Dikisahkan bahwa suatu hari, Ibrahim bin Ad-ham melintas di pasar Bashrah, lalu orang2 berkumpul mengerumuninya seraya berkata, “Wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdoa namun tidak pernah dikabulkan.?” bagaimana supaya doa dikabulkan?

Beliaupun menjawab,
“Karena hati kalian telah mati oleh 10 hal:

1. Kalian mengenal ALLAH tetapi tidak menunaikan hak-NYA.
2. Kalian mengaku cinta Rasulullah SAW tetapi meninggalkan sunnahnya.
3. Kalian membaca al-Qur’an tetapi tidak mengamalkannya.
4. Kalian memakan nikmat2 ALLAH SWT tetapi tdk pernah pandai mensyukurinya.
5. Kalian mengatakan bahwa syaithon itu adalah musuh kalian, tetapi kalian senang mendengar & mengikuti bisikannya.
6. Kalian katakan bahwa surga itu adalah haq (benar adanya) tetapi kalian tiada semangat & tidak pernah beramal untuk menggapainya.
7. Kalian katakan bahwa neraka itu adalah haq (benar adanya) tetapi tidak mau menjauh lari darinya.
8. Kalian katakan bahwa kematian itu adalah haq (benar adanya) tetapi tidak pernah menyiapkan diri untuknya.
9. Kalian bangun dari tidur hanya ingat keduniawian & lantas sibuk membicarakan aib org lain tetapi lupa dengan aib sendiri.
10. Kalian kubur orang2 yg meninggal dunia di kalangan kalian tetapi tdk pernah mengambil pelajaran/nasehat dari kematian mereka.

Menjauhi Yang Haram Supaya Doa dikabulkan

Supaya doa dikabulkan, silakan merenungi hal tersebut di atas. Imam Syafie sendiri pernah pada suatu hari mengadu kepada gurunya tentang beliau susah mengingati dan memahami apa yang dipelajari sedangkan sebelum ini tidak pernah berlaku perkara demikian. Lalu gurunya meminta agar beliau menjauhi perkara yang haram dengan kata-katanya : Sesungguhnya ilmu itu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak akan dianugerahkan kepada orang yang berbuat maksiat. Mendengar jawapan gurunya lalu imam Syafie pulang ke rumahnya dan bertanya adakah beliau telah diberi makan atau minum perkara yang haram. Lalu ibunya teringat bagaimana dia telah memberi minum air susu yang diperah daripada seekor kambingnya yang telah memakan tanaman jirannya tanpa sengaja.Inilah kesan buruk daripada perkara haram atau syubhat.

Tidak berdoa untuk hal berdosa supaya doa dikabulkan

Tidak berdoa untuk sesuatu yang dosa dan memutus silaturahim.

Dari Abu Said, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ « اللَّهُ أَكْثَرُ »

Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad, derajat hasan)

Semoga catatan-catatan di atas sedikit membantu supaya doa dikabulkan oleh Allah S.W.T. Qishshah wa Qishshah .. As sholihiin..

Leave a Reply

Advertise Here
Advertise Here

Download E-Book Gratis Ust.Yusuf Mansur,Isi data,Kemudian Cek Inbox Email Anda !

ebook panah